Backlink : Beberapa Alasan Mengenai Pentingnya Backlink

Pentingnya Backlink


Hai sobat @ataeh, @ataeh yakin banyak sobat mencari tahu tentang "Apa itu backlink dan apa pentingnya Backlink", sehingga info yang didapat penuh simpang-siur. Baik sobat mendapatkan informasi dari teman atau baca-baca di website yang lain, selain website ini.

Kalau sobat mencari informasi tentang Backlink dan belum tahu apa dan bagaimana Backlink, silakan sobat baca terus keterangan di bawah ini.

Mungkin sobat bertanya, Mengapa backlink itu penting?

Alasannya adalah karena Backlink dapat memberikan dampak pada situs sobat. Dan dampak tersebut bisa positif bisa negatif.

Kok Backlink bisa memberikan dua dampak? What....!!

Jadi begini, backlink itu tergantung pada sentimen dan relevansi link. Jadi, jika link yang sobat tautkan mengarahkan ke halaman yang memiliki kualitas rendah, maka akan berdampak negatif pada website sobat. Begitu pula sebaliknya.

Alasannya adalah ketika sobat melakukannya crawler untuk indeks web di mesin pencari, maka Link yang tertanam pada web sobat akan menjadi penguat dari halaman web sobat. Dan ini akan memberikan dampak pada website sobat.

Perlu diingat, semua tergantung pada situs website atau backlink yang sobat pasang pada website sobat. Kalau Link yang sobat taruh di website sobat mempunyai rating yang bagus, maka akan memberikan dampak yang baik di mesin pencari, begitu pula sebaliknya.

Jadi, sobat jangan pelit dalam memberikan backlink pada website yang memiliki reputasi baik di mata mesin pencari (google)

Bagi para pengguna platform WordPress, ada sebuah keistimewaan yang ia sediakan dalam hal backlink,  yaitu ia menyediakan widget berjudul Incoming Links.


Di bawah ini @ataeh uraikan mengenai istilah umum yang berkaitan dengan backlink, sebisa mungkin @ataeh paparkan secara mudah dipahami:

1. Link Juice

Link Juice atau yang biasa disebut   Inbound Link, Yaitu situs website orang lain yang sobat catutkan dalam artikel yang sobat tulis.

Contohnya : Sobat nulis artikel tentang template VioMagz, sudah pasti di sana sobat sobat nyebut mas sugeng dan mencantumkan link yang mengarah pada website mas sugeng. Yang begini inilah yang disebut Link Juice.

Manfaat Link juice ini dapat membantu peringkat artikel di mata google dan juga meningkatkan otoritas domain.

2. Linking Root Domain

Linking Root Domain adalah Artikel orang lain yang mencatut Link anda.
Contohnya : Mas sugeng dengan template VioMagz-nya akhirnya membuat dia terkenal, sehingga banyak para Blogger yang membahasnya dan banyak para Blogger yang memberikan back Link padanya.

Linking Root Domain dan Link Juice adalah sama, hanyalah beda penyebutan dari sisi subyek dan obyek saja. Sobat mencatut link mas sugeng di artikel sobat namanya Link Juice, mas sugeng yang punya website namanya Linking Root Domain

Catatan : Situs web telah dikaitkan dengan website sobat walaupun hingga berpuluh-puluh kali, tetap akan dianggap sebagai link dari satu root domain.

3. Nofollow Link

Nofollow Link adalah sebuah status tag yang di sediakan oleh platform penyedia media blog/website. Begitu pula dengan Dofollow link.

Ketika sobat menautkan Link dalam artikel sobat, dan dijadikan tag Nofollow, maka link tersebut tidak dianggap sebagai link juice.

Link nofollow tidak memiliki pengaruh terhadap peringkat halaman di mata Google, karena ia tidak memberikan kontribusi apapun.

Contoh Link Nofollow : ketika sobat memberi komentar di website atau blog orang lain dan di sana sobat meninggalkan jejak Link.

4. Dofollow link:

Link tag dofollow kebalikan dari Link tag nofollow. Dan ini memiliki pengaruh di mata Google dan Webmaster. Secara default, semua link yang sobat tambahkan dalam sebuah posting blog adalah link dofollow dan link ini lulus link juice.

5. Low-QualityLink (link berkualitas rendah)

Low-QualityLink Yaitu link yang didapat dari website atau situs otomatis, situs spam, situs porno dan lain-lain. Link ini sangat berbahaya sekali terhadap reputasi mata Google. Lebih baik tinggalkan mencari backlink dari link semacam ini lebih baik tidak memiliki backlink dari situs-situs di atas. Inilah alasan mengapa sobat harus berhati-hati saat membeli backlink atau menanam backlink.

6. Internal Link

Internal link adalah menanam link dari  satu halaman ke halaman yang lain dalam satu domain. Dan ini banyak dimanfaatkan oleh para blogger Contohnya seperti baca juga, like mine also, artikel menarik lainnya dan lain sebagainya

Proses penanaman backlink sendiri di halaman blog atau situs milik sendiri yang masih Satu Nama dikenal juga dengan sebutan linking.

Pembuatan internal link dalam artilel Adakalanya menggunakan cara manual, Adakalanya secara otomatis. Yang lebih baik adalah menggunakan cara manual

7. Anchor Text

Anchor text adalah Teks yang digunakan untuk hyperlink. Membuat Backlink dengan Anchor text memberikan pengaruh yang besar terhadap optimasi hasil pencarian, karena dalam anchor text yang dibuat tackling adalah sebuah kata kunci.

Contohnya : Anda mau membuat artikel tentang bisnis online, setiap Anda menuliskan kata "bisnis online" Anda beri "hyperlink" dan anda blod-kan tulisannya. Yang demikian tersebut disebut dengan anchor text.
Biasanya kalimat kata yang digunakan sebagai anchor teks adalah kata kunci.

Nah...  Beberapa istilah di atas adalah yang sering disebut backlink.

Backlink yang baik adalah backlink yang didapat secara alami artinya ada sebuah blog atau website yang rela mencatut kan situs web Anda pada halamannya. Walaupun masih bisa juga dibuat akal-akalan yaitu saling bertukar backlink (sah-sah saja). Untuk dampaknya di mata Google, bisa negatif, bisa positif

Sebaiknya anda tidak usah susah payah mencari backlink untuk Website anda, Apalagi anda menggunakan cara yang curang. Lebih baik hindari pola semacam itu.

Lebih baik sobat Menulis artikel yang berkualitas dan bermanfaat di blog sobat, yang nantinya para blogger banyak mengutip dari artikel yang sobat tulis, Sehingga nantinya mereka rela untuk memasukkan blog sobat sebagai sumber tulisan atau para blogger membahas tentang blog sobat.

Karena begini sob, Banyaknya backLink itu tidak penting, yang penting adalah kualitas Backlink. Cara untuk mendapatkannya tidak lain adalah dengan membuat artikel yang yang berkualitas dan bermanfaat.

Karena banyak yang menganggap bahwa backlink itu penting dan kuantitas backlink dapat membuat website istimewa di mata Google, akhirnya banyak praktek-praktek buruk dilakukan oleh pemilik website untuk mendapatkan backlink.

Praktek-praktek penanaman backlink yang buruk seperti: Membeli backlink dari owner penjualan backlink yang tidak jelas, saling bertukar link, agen penjualan backlink yang tidak memperdulikan relevansi, dll.
Sesungguhnya hal semacam ini tidak dianjurkan oleh mesin pencari Google. Website atau blog yang melakukan praktek buruk semacam ini biasanya akan mendapatkan hukuman dari mesin pencari yang berupa de-index.
Bahkan bukan itu saja, situs-situs yang diduga terlibat dalam praktek-praktek penanaman backlink tersebut juga akan mendapatkan hukuman yang sama.

Mungkin cukup sekian dulu dari @ataeh mengenai penjelasan tentang backlink, semudah dan selengkap mungkin @ataeh paparkan, semoga bermanfaat buat sobat dan menambah pengetahuan sobat tentang backlink.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Tag Video YouTube Secara Otomatis

Strategi SEO Praktis Untuk Meningkatkan Pengunjung dan Traffic Website